Minggu, 24 Agustus 2014

Filled Under:

Tokoh masyarakat yang juga pemerhati dan praktisi pendidikan islam terpadu hadir di acara Wisuda SMAIT Thariq Bin Ziyad angkatan ke-4. Mereka antara lain DR. KH. Ahmad Satori Ismail MA selaku Ketua Umum IKADI Pusat, Bapak H. Andang Hendar SE selaku Direktur LPIT Thariq Bin Ziyad dan Ketua Yayasan Thariq Bin Ziyad itu sendiri yang juga menjadi Bupati Bekasi 2007-2012 Bapak DR. H. Sa’duddin MM yang pada Pemilu Legislatif 2014 terpilih sebagai anggota DPR RI 2014-2019. Selain dihadiri oleh peserta wisuda kelas 12 SMA orangtua mereka juga akan hadir.
Pada acara wisuda itu hadir juga jajaran dari perwakilan Unit Sekolah yang berada di bawah Yayasan dan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad. Menurut ketua panitia wisuda Ibu Yuli Prapita Sari, S.Pd acara wisuda yang dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Mei 2014 bertempat di Gedung Patriot Jl. Ahmad Yani Kota Bekasi ini merupakan Wisuda yang ke-4 angkatan tahun pelajaran 2013-2014, acaranya cukup padat karena selain wisuda kelulusan juga akan sekaligus diadakan acara wisuda tahfidzul Quran bagi siswa yang sudah menghafalkan beberapa juz dari Al-Quran.
Di sela-sela acara prosesi wisuda Al-Quran dan prosesi Wisuda Kelulusan Angkatan ke-4 akan ada orasi pendidikan dari tokoh Pendidikan Islam Bapak Dr. KH. Ahmad Satori Ismail MA, selain aktif selaku ketua Umum IKADI Pusat beliau juga tercatat sebagai dosen pasca sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,Pendiri Pondok Pesantren Modern Al-Hassan, dan aktif di berbagai lembaga dakwah dan keumatan lainnya. Dalam orasinya beliau menekankan pentingnya akhlak Al-Quran sebagai bagian dari Akhlak Kekuatan Umat Islam dalam menghadapi era globalisasi, informasi dan teknologi.
Tidak ketinggalan dari adik kelasnya yakni kelas 11 dan 10 menampilkan kreativitasnya dalam bentuk seni paduan suara dan seni tari islami (Saman) untuk mengiringi, memberikan kenangan yang baik dan menghibur para peserta dan wisudawan. Kepala SMAIT Thariq Bin Ziyad melepas angkatan ke-4 dengan menyematkan medali dan ijazah kepada selurih wisudawan serta penghargaan prestasi bagi mereka yang lulus dengan prestasi Akhlak Al-Quran terbaik, Akademik terbaik dan Hasil UN tertinggi, didampingi oleh Ketua Yayasan, Direktur Pendidikan dan jajaran Manajer serta pimpinan unit. Selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan, guru, orangtua dan seluruh stakeholder yang telah berperan serta dalam suksesnya pendidikan di SMAIT Thariq Bin Ziyad.
Kepala SMAIT Thariq Bin Ziyad Bapak Nono Ariandi S.Si mengungkapkan bahwa lulusan SMAIT Thariq Bin Ziyad sudah tersebar di hampir seluruh Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia, tekad kami ke depan adalah menjadi trendsetter sekolah islam unggulan dengan berbagai jenis keunggulan yang ada terutama akhlak, al-Quran, akademik dan bahasa. Jika digabungkan seluruh alumni LPIT Thariq Bin Ziyad maka untuk tahun 2014 ini meluluskan angkatan ke-6 (TKIT), angkatan ke-15 (SDIT Pondok Hijau dan Jatimulya), angkatan ke-11 (SMPIT Thariq Bin Ziyad Full Day School), angkatan ke-1 (SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School) dan angkatan ke-4 (SMAIT Thariq Bin Ziyad.
Setiap tahun di LPIT Thariq Bin Ziyad melalui Unit Quran bidang PQH (Pembinaan Al-Quran dan Humas) selalu secara periodik mengadakan pengetesan dan sertifikasi kemampuan Al-Quran para siswanya. Baik kemampuan Tahsinul Quran maupun Tahfidzul Quran, pengetesan dilakukan oleh Tim Khusus dari Unit Qur’an sehingga standar kelulusan Al-Quran dilakukan sangat selektif dan ketat. Setiap siswa yang mengikuti tes sertifikasi Al-Quran terlebih dahulu harus menuntaskan proses pembelajaran Al-quran dengan guru Qurannya masing-masing. Target masing-masing jenjang sudah ditentukan oleh Unit Quran LPIT Thariq Bin Ziyad.
Serbagai contoh untuk TKIT target minimal dari sisi Tahsin Al-qurannya harus sudah memaca Al-Quran Metode At-Thariq Jilid 1 Halaman 1-18, sedangkan dari sisi Tahfidzul Qurannya target minimal adalah menghafal mulai dari surat An-Nas sampai surat At-Tiin. Selain Tahsin dan Tahfidz di TKIT juga sudah ada target Tadabbur ayat dan surat yaitu mengetahui terjemah dari Ta’awudz ( Lafadz A’udzubillahi minasyaithonir rojim), terjemah Basmalah (Lafadz Bismillahirrohmanirrohim), terjemah surat Al-Fatihah, terjemah surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan surat An-nas.

Untuk SDIT secara tahsin Al-Quran harus memenuhi kemampuan baca Al-Quran dengan lancar dan tajwid yaitu makhroj, mad, dan ghunnah. Menguasai bacaan Metode At-Thariq 1 dan At-Thariq 2, Tadarus, Ghorib dan Tajwid dengan standar bacaan atau langgam yang ditentukan. Sedangkan dari sisi hafalan Al-Quran di SDIT ditargetkan 3 Juz, di SMPIT 2 Juz, di SMAIT 2 Juz. Sedangkan di SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School target hafala Al-Quran sebanyak 6 Juz. Bagaimana standar kelulusan dari sisi Akhlak, Akademik dan Bahasa siswa-siswi LPIT Thariq Bin Ziyad mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT sampai SMAIT? Sampai bertemu kembaLI pada kajian inti INTAJIYAH edisi 37 dengan tema “Rapat Dinas Ke-4 Tahun 2014”. [DM]

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.