Senin, 17 November 2014

Filled Under:

Selamat Hari Pelajar Internasional, International Student Day (ISD) 17 November 2014


            (Aksi Dalam Rangka Hari Pelajar Internasional Forum OSIS Nusantara, FORNUSA)                                                    Sumber : Facebook Forum Osis Nusantara

Sejarah ISD, Sejarah Perlawanan terhadap Fasisme dan Kapitalisme

17 November diabadikan oleh Serikat Mahasiswa Internasional (International Student’s Union) yang bermarkas di Praha, Cekoslovakia sebagai Hari Pelajar Internasional, untuk memperingati peristiwa tragis berupa penutupan semua universitas dan eksekusi beberapa orang mahasiswa oleh Reichsprotektor Ceko (semacam perwakilan Nazi di Negara boneka Bohemia dan Moravia) pada 17 November 1939. Pada 17 November 1989, di Cekoslovakia, sekitar 1500an mahasiswa melakukan perayaan hari pelajar internasional tetapi dengan tema menentang Kapitalisme Negara Rezim Stalinis Cekoslovakia yang menghambat Demokrasi dan Kebebasan.

Di Yunani, 17 November juga diabadikan sebagai Hari Mahasiswa Yunani sebagai penanda perlawanan mahasiswa terhadap Junta Militer Yunani yang anti demokrasi. Penyerangan oleh Junta Militer dilakukan pada 17 November dengan pengiriman sekitar 30 tank tentara yang kemudian menabrak gerbang kampus Politeknik, Athena Yunani, membunuh serta melukai para mahasiswa yang sedang melakukan pemogokan di kampus tersebut.

Peristiwa di atas menunjukkan perjuangan mahasiswa dalam menuntut demokrasi dan kesejahteraan yang turut pula memberikan inspirasi bagi perjuangan mahasiswa di berbagai Negara.  

Menuju Masa Depan Pelajar dan Pendidikan Yang Lebih Demokratis

Kapitalisme telah membawa dunia ke dalam “one-dimensional man” yang cenderung meminggirkan suara-suara lokal. Perkawinan kapitalisme dengan Globalisasi telah menghasilkan kapitalisme global yang sekarang ini tidak lagi bertumpu pada liberalisme tetapi pada neoliberalisme. Kapitalisme yang berbasiskan pada pasar bebas tidak lagi hanya dipakai dalam konteks untuk mengatur ekonomi sebuah negara tapi ekonomi global. Ini yang mengakibatkan munculnya si kaya dan si miskin. 

Dimana pasar bebas lebih menekankan pada kompetisi. Masa Globalisasi Kapitalisme masa dimana dominasi dan eksploitasi dilakukan secara masif, ekspansif dan mendunia dibawah satu sistem aturan main ekonomi Neoliberal. Maka demokratisasi yang berkeadilan dan berbasis konstitusi yang saat ini sedang dikembang bukan hanya di bidang politik tetapi juga di bidang ekonomi dan pendidikan diharapkan menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada.

Harapan Terhadap Pelajar Indonesia

Dengan menguatkan 4 pilar atau empat simpul yang oleh Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad disebut dengan A3B (Akhlak, Al-Quran, Akademik dan Bahasa) semoga pelajar saat ini sebagai calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang lebih siap dan lebih layak dalam membawa bangsa ini kepada kehidupan yang lebih baik dan lebih seimbang antara kebutuhan fisik/jasmaninya, akal/akademiknya dan hati/rohaninya, selamat memperingati hari Pelajar Internasional (International Student Day) 17 November 2014 [DM]


(Dioleh dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.