Rabu, 09 September 2015

Filled Under:

Puncak Hari Aksara Internasional Akan Digelar di Karawang

    DR. H. Saduddin MM, ketua yayasan Thariq bin Ziyad saat acara Wisuda G-16 SDIT TBZ TP. 2014-2015

Hari Aksara Internasional (HAI) diperingati setiap tanggal 8 September. tahun ini HAI memasuki usia ke-50. HAI ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) melalui Konferensi Tingkat Menteri negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 17 November 1965 di Teheran, Iran.

Pendidikan Keaksaraan sendiri adalah salah satu upaya memenuhi hak-hak dasar warga negara Indonesia dalam memperoleh pendidikan yang layak juga untuk meningkatkan kualitas dalam kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan mendengarkan serta berbicara untuk mengkomunikasikan teks lisan dan tulisan. Melalui Pendidikan Keaksaraan ini diharapkan kapasitas peserta didik dapat meningkat hingga mencapai kemampuan keaksaraan dasar (basic literacy).

Tahun ini, seperti dilansir dari laman kemdikbud.go.id, puncak peringatan Hari Aksara Internasional ke-50 akan diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober di Lapangan Karang Pawitan, Karawang, Jawa Barat, pada. Puncak acara dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Perwakilan UNESCO Jakarta, Perwakilan Anggota DPR RI Komisi X, para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemendikbud, Bupati dan Walikota sejawa Barat, Kementerian/Lembaga terkait, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi seindonesia serta Kepala UPT PAUD dan Pendidikan Masyarakat seindonesia.

Beberapa rangkaian acara akan digelar sejak 22 Oktober. Mulai Dari workshop, sosialisasi program kemdikbud, pencanangan aplikasi Dapodik dan Dikmas juga unjuk karya tulis dan pameran.
Mendikbud akan mencanangkan, “Gerakan Masyarakat Membaca”, pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional.

Sumber bekasimedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.