Sabtu, 15 April 2017

Filled Under:

“SAUNK BEKEN” Wadah Kreativitas Pemuda BERDIKARI, KREATIF dan KEREN




                                                                  Saunk BEKEN Bekasi

Kecenderungan dan gaya hidup generasi muda masa kini  yang berbeda-beda menjadikan komunitas anak muda tumbuh subur dan beragam dimana-mana. Ada yang coraknya seni dan budaya, ada agama dan spiritual, ada olehraga dan ketangkasan, ada pula hobi dan bakat, ada juga yang mengarah ke bisnis sosial dan entrepreneurship, lingkungan hidup dan lain-lain.

Saunk Beken adalah salah satu contohnya, komunitas yang digagas dan diinisiasi oleh aktivitas Komunitas Pemuda Beken melalui Gerakan Pemuda Beken, mengusung jargon atau tema berdikari (entrepreneur), kreatif (bakat atau hobi dan keterampilan) serta keren (agama atau spiritual). Memang kelihatannya kurang atau tidak spesifik, tapi ada skala prioritas dari ketiga sasaran di atas.

Sasaran pertama adalah berdikari, sebagai implementasi dari proses pendidikan, pelatihan dan pembinaan yang telah dilakukan melalui komunitas tersebut Saunk Beken berharap mereka mampu berdikari, berdikari dalam segala hal baik dalam menuntut ilmu, dalam mencari pekerjaan atau dalam mengarungi luasnya samudera kehidupan. Dalam kondisi sempit atau lapang semangat berdikari harus terus ditumbuhkan. 

Kemandirian dalam berusaha, mencari pekerjaan dan dalam kehidupan bagaimana ditumbuhkan dalam jiwa pemuda semangat berwirausaha atau entrepreneur, sehingga jiwa enterpreneurshipnya bisa muncul, tumbuh dan berkembang. Meskipun hal tersebut banyak didominasi oleh factor pribadi (motivasi, minat dan bakat), tetapi lingkungan sosial (keluarga, komunitas dan masyarakat) juga ikut berperan dalam membentuk mental dan jiwa entrepreneur.

Sasaran kedua adalah kreatif, sebagai wahana penyaluran kreativitas, minat, dan bakat, baik di bidang olah skill tertentu, raga, dan kesenian. Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang membutuhkan hiburan, rekreasi  dan refreasing. Maka dengan menumbuhkan jiwa kreatif secara fitrah potensi manusia akan berkembang dan terkembangkan.

Melalui media Saunk Beken diharapkan membuka ruang kreativitas para pemuda kita menemukan tempatnya dan merasa difasilitasi, wadah serta panggungnya disediakan. Peluangnya adalah bisa kembali kepada tujuan Saunk Beken yang pertama yaitu berdikari. Selain itu bisa bersinergi dengan lembaga pendidikan melalui wadah ekstra kurikuler.

Sasaran ketiga adalah keren, sebagai makhluk mulia ciptaan Allah, Tuhan Yang Maha Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, maka puncak kenikmatan tentunya adalah dari Sang Maha Pemilik kenikmatan itu sendiri, maka melalui Komunitas Pemuda Beken maka Saunk Beken haru menjadikan sarana bagi kaula muda untuk tetap memelihara amanah dan fitrahnya sebagai manusia beriman dan bertaqwa. Jadi taglinenya  adalah tanpa agama, meninggalkan agama, melupakan agama beleum disebut keren.

Nilai-nilai dan jiwa entrepreneurship, etos dan budaya kerja  kreatif harus benar-benar muncul dari keyakinan dan benar-benar dilandasi atau dijiwai oleh dasar yang sangat mendasar dan kuat, dan hal itu ada pada keyakinan, keimanan atau agama yang dianutnya. Maka jangan pisahkan hal itu dari kehidupan agar senantiasa terjaga dari narkoba, pergaulan bebas, minuman keras dan prilaku destruktif lainnya, Wallahu a’lam. [DM]

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.