Jumat, 13 Februari 2015

Filled Under:

LPIT Thariq Bin Ziyad Lakukan Rapat Rutin Fokus A3B untuk Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Pendidikan

           (Foto : Bapak H. Andang Hendar, Dr. H. Sa'duddin MM, dan Drs H. Muhammad)

Pada rapat tahunan yang dihadiri oleh seluruh pimpinan LPIT Thariq Bin Ziyad beserta bidang-bidang yang ada di bawahnya, pimpinan sekolah mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT. Rapat ini sekaligus merupakan persiapan sekolah memasuki tahun pelajaran baru 2014-2015, pada rapat tersebut kembali ditegaskan oleh direktur LPIT Thariq Bin Ziyad bapak H. Andang Hendar SE, MM bahwa tema Radin tahun ini adalah kita akan kembali “Menguatkan Simpul Akhlak Al-Quran Akademik dan Bahasa Menuju Trendsetter Sekolah Islam Unggulan”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak Radin tahun 2013 lalu, LPIT Thariq Bin Ziyad telah merumuskan konsep dan strategi lengkapnya dalam rangka membangun masyarakat dan generasi yang SHALEH dan CERDAS. Berdasarkan cita-cita dari para pendiri Yayasan Thariq Bin Ziyad terutama yang terkait dengan visi, misi dan prinsip-prinsip umum pendidikan islam terpadu, program-program unggulan dan reguler dari sekolah islam terpadu yang telah dikembangkan di Thariq Bin Ziyad dari mulai awal berdiri sampai sekarang sedang berkembang.

Maka memasuki tahun pelajaran 2013-2014 lalu telah dirumuskan suatu konsep besar yang merangkum semuanya yang dikenal dengan A3B yaitu Akhlak, Al-Quran, Akademik dan Bahasa. Konsep tersebut terdiri dari langkah-langkah penting sukses A3B baik di dalam atau di luar kelas, pencapaian citra sekolah yang terdiri dari 6 butir yakni Amanah, Bersih, Disiplin, Berprestasi, Peduli Lingkungan dan Berketerampilan Hidup, serta upaya-upaya optimalisasi maupun inovasi yang bisa dilakukan menuju trendsetter sekolah islam unggulan.

Pengambilan tema yang sama pada Radin kali ini diakui oleh sebagian peserta dari PQH (Pembinaan Quran dan Humas) sangat tepat karena selama setahun perjalanan A3B tentunya masih banyak hal yang harus dievaluasi bersama, didiskusikan dan diberi solusi. Sebagai contoh misalnya dari sisi Al-Qur’an, pada tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya standar nilai kelulusan sertifikasi siswa siswi Thariq Bin Ziyad adalah mereka yang memperoleh jumlah skor sebanyak 275. Maka pada tahun ini PQH telah merekomendasikan standar minimal lulus sertifikasi Al-Quran jumlah skornya adalah 300.

Jumlah skor tersebut terdiri dari skor nilai kelancaran, skor nilai makhroj, skor nilai tajwid dan skor nilai mad. Sehingga jika dirata-rata dari jumlah skor minimal 300 tersebut nilai minimal 6 koma sekian. Begitu juga dari sisi akhlak, akademik dan bahasa, maka melalui Rapat Dinas (RADIN) tahun 2014 semua pimpinan optimis akan mampu membawa siswa-siswi Thariq Bin Ziyad mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT sampai SMAIT akan meningkat secara kualitas dan kuantitas, baik dari sisi akhlak, al-Quran, akademik maupun bahasa.

Di bidang bahasa pada tahun ini divisi bahasa melalui  sang manajer  bapak Eed Kartawirana, S.Pd bertekad akan memperkuat program pembelajaran dan pembiasaan berbahasa asing terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris. Mulai dari WI Class yang ada di SMPIT Thariq Bin Ziyad, IP Class yang ada di SMAIT Thariq Bin Ziyad, semua guru-guru bahasa Inggris mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT baik yang fullday school maupun yang boarding school sampai SMAIT. Insya Allah divisi bahasa akan mengawal dan meningkatkan prestasi bahasa Inggris para guru dan siswanya.

Di bidang akademik sejak tahun pelajaran 2013-2014 lalu SDIT dan SMAIT Thariq Bin Ziyad sudah dipercaya untuk menjadi sekolah sasaran inti penerapan kurikulum 2013. Hal ini menunjukan bahwa LPIT Thariq Bin Ziyad selain dipercaya oleh masyarakat juga dipercaya oleh pemerintah dalam upaya mendidik dan mencerdaskan tunas-tunas bangsa menuju masyarakat Indonesia yang shaleh dan cerdas. Oleh karena itu divisi pendidikan yang dipimpin oleh ibu Sri Khobzah, S.Pd terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitas nilai akademik siswa, sekolah dan lembaga
.
Pada tahun pelajaran yang akan kita hadapi tahun ini (yaitu 2014-2015) Thariq Bin Ziyad sudah akan memasuki tahun kedua pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu di kelas 1, 2, 4, 5, 7, 8, 10, dan 11 (SDIT, SMPIT dan SMAIT). Baik sekolah yang berada di jalur fullday school maupun yang berasrama atau boarding school, LPIT Thariq Bin Ziyad memberikan pelayanan yang sama tentang A3B sehingga bagi orangtua murid akan sama-sma merasakan bagaimana hasil dari A3B tersebut.

Baik tentang hasil maupun layanan LPIT Thariq Bin Ziyad senantiasa melakukan perbaikan melalui supervisi kinerja dan pelayanan serta survey hasil atau output dari A3B itu sendiri. Semoga di tahun 2014-2015 ini kualitas dan kuantitas, pelayanan dan output bisa lebih baik dan lebih meningkat, karena Thariq Bin Ziyad telah bertekad untuk selalu menjadi yang terbaik atau menjadi TRENDSETTER Sekolah Islam Unggulan baik di tingkat nasional maupun internasional. Allahu Akbar. Wallahu A’lam. [DM]


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.