Minggu, 04 Januari 2015

Filled Under:

Peranan Buku Pelajaran Bagi Siswa dan Guru Dalam Kurikulum 2013

                             (Siswa SDIT Thariq Bin Ziyad saat istirahat istirahat, Dok. Intajiyah)
Pada kesempatan ini, Kita akan membahas fungsi serta manfaat dari buku kurikulum 2013. Buku pegangan ini memang memiliki peran dan fungsi yang hebat dalam proses pembelajaran, terutama dalam penerapan kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Buku tersebut akan digunakan sebagai salah satu buku panduan bagi guru juga siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran guna memudahkan para siswa dalam menguasai sejumlah kompetensi tertentu.
Buku tersebut juga akan digunakan guna melangsungkan sejumlah kegiatan dalam proses pembelajaran, dimana isinya merupakan rancangan serta dilengkapi dengan beberapa contoh lembar kegiatan agar para siswa mampu mempelajari suatu hal yang lebih relavan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku ini diarahkan agar siswa lebih efektif lagi dalam mengikuti setiap proses pembelajaran yang mana melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan para siswa dalam berkomunikasi yang baik antar teman maupun dengan guru.
Berikut ini kedudukan serta fungsi dari buku siswa SD:
Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada setiap buku memiliki beberapa pembelajaran yang memang disesuaikan dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang memang harus dilakukan oleh para siswa nantinya akan dibuat sejumlah ikon yang memang melambangkan hal tersebut.
Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada bagian akhir pembelajaran, ada bagian dimana bagian tersebut membutuhkan keterlibatan orang tua guna membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Pada bagian ini, diharapkan pihak orang tua mampu berperan aktif dalam mendukung anak dalam meningkatkan pemahaman para siswa pada setiap proses pembelajaran yang memang telah di lakukan di sekolah.
Lembar Kerja Siswa
Buku siswa juga memiliki fungsi sebagai lembar kera siswa, dimisalkan pada bagian buku siswa terdapat kegiatan menulis, maka pada bagian ini siswa dapat mengerjakan soal tersebut pada buku siswa.Peranan Serta Fungsi Dari Buku Siswa Kurikulum 2013
Penilaian dan Portofolio
Di dalam buku siswa, terdapat beberapa halaman yang mana berisi format yang nantinya bisa digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai salah satu bahan portofolio yang nantinya bisa dijadikan siswa untuk sumber penilaian hasil dari proses pembelajaran.
Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Dengan buku siswa ini, guru juga bisa lebih mengenal siswa dengan baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang memang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap proses pembelajaran. Guru juga bisa melihat perkembangan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, keterampilan serta sikap yang dimiliki siswa yang sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang memang telah ditetapkan.
Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Seluruh hasil kerja yang telah dilakukan siswa selama mereka mengikuti proses pembelajaran nantinya akan tertuang langsung dalam buku siswa, sehingga para guru beserta orang tua dapat melihat jejak belajar juga perkembangan dalam kompetensi selama mereka mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Dan bagi siswa sendiri, rekam jejak belajar tersebut nantinya bisa berguna sebagai buku kenang-kenangan di kemudian hari.
Refleksi Diri Terhadap Kegiatan Pembelajaran
Sebagai salah satu alat untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang memang telah dilakukan.
Sumber : PanduanGuru.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.